Header

Rekomendasi Self Reward untuk Ibu

10 comments
Konten [Tampil]
  
Self reward adalah
Setelah membahas tentang love language dan stress language, kali ini aku ingin membahas tentang self reward. Sudah familiar dengan istilah ini?

Berbicara tentang menjadi ibu yang bahagia, tentu ibu harus memiliki kesehatan mental dan kewarasan yang baik. Untuk itu, ibu rumah tangga juga perlu self reward.

Sebetulnya tidak hanya untuk ibu rumah tangga, semua orang pun butuh melakukan self reward agar tetap bersemangat dan termotivasi untuk menjalani hidup lebih baik.

Apalagi untuk ibu rumah tangga yang umunya dipandang sebelah mata karena dinilai tidak melakukan pekerjaan lainnya selain pekerjaan rumah tangga.

Padahal faktanya, ibu rumah tangga itu bukan pengangguran karena punya pekerjaan banyak yang juga harus dilakukan. Tidak sedikit dari ibu rumah tangga yang kewalahan dan bak kehabisan waktu bahkan untuk istirahat.

Karena mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi adalah jam kerja ibu rumah tangga. Begitupun dengan ibu pekerja, mereka berperan ganda dalam keluarga juga dalam ramah publik. Pasti lebih banyak lagi pekerjaan dan tanggung jawabnya, gak hanya di rumah tapi juga kantor.

Jadi keduanya harus sama-sama dihargai, dan tidak ada salah ibu melakukan self reward, baik untuk ibu rumah tangga maupun ibu pekerja.

Jadi apa sih pengertian self reward itu? Dan apa saja rekomendasi self reward untuk ibu? Yuk, cari tahu di sini!

Self Reward untuk Ibu, Pengertian dan Rekomendasinya

Apa itu self reward
Self reward
adalah tindakan memberikan hadiah untuk diri sendiri atas kerja keras dan pencapaian yang diraih. Self reward merupakan salah satu bentuk menghargai diri sendiri agar tetap merasa bahagia, termotivasi dan bersemangat juga lebih percaya diri. Berikut adalah beberapa rekomendasi self reward untuk ibu:

1. Pijat atau Spa

Melakukan pekerjaan rumah tangga yang tidak ada habisnya, bisa menyebabkan kepenatan dan kebosanan bagi ibu. Untuk itu, setelah sebulan mengerjakan tugas sebagai ibu rumah tangga dengan maksimal, waktunya ibu memberikan hadiah untuk diri sendiri berupa pijat atau spa.

Sebagai ibu rumah tangga yang kesehariannya berada di rumah, momen ini bisa ibu gunakan sekaligus untuk me time di luar rumah tanpa harus dibuntuti anak.

Tapi jika ibu tidak bisa meninggalkan rumah, carilah jasa pijat atau spa yang bisa dipanggil ke rumah. Ini akan lebih praktis dan hemat waktu untuk ibu.

Begitupula bagi ibu pekerja. Ibu bisa melakukan self reward ke salon setelah pulang dari kantor. Atau bisa juga memanggil jasa pijat atau spa ke rumah agar ibu bisa lebih lama berada di rumah.

2. Membeli barang yang diinginkan

Membeli barang yang ibu inginkan bukan berarti pemborosan, sesekali ibu boleh membeli barang kesukaan ibu sebagai self reward.

Pastinya sesuaikan dengan budget yang ada. Jangan sampai karena ingin self reward, tabungan keluarga jadi jebol. Jangan sampai pula karena nafsu dan ego ingin lebih baik dari orang lain, self reward dijadikan kedok.

Rekomendasi yang bisa dipilih untuk self reward berupa barang adalah membeli barang elektronik yang sudah canggih untuk membantu pekerja ibu. Karena baik ibu rumah tangga maupun ibu pekerja, tetap saja melakukan kegiatan beberes rumah.

Untuk itu, akan lebih bijak ibu membeli barang elektronik sebagai self reward yang bisa memudahkan pekerja ibu juga. Misalnya, vacuum cleaner, mesin cuci, air conditioner dan lainnya.

3. Menikmati hobi

Menikmati hobi
Menghasilkan sesuatu dari hobi yang ditekuni juga bisa dinamakan self reward, lho! Misalnya saja jika ibu memiliki hobi menulis, self reward dari hobi menulis tersebut misalnya adalah sebuah karya berupa novel.

Atau jika ibu memiliki hobi memasak, self reward dari hobi tersebut adalah makan enak favorit ibu yang bisa dinikmati dengan tenang tanpa gangguan.

Ataupun hobi ibu bernyanyi, ibu bisa memberikan self reward untuk diri sendiri berupa pergi ke karaoke keluarga bersama keluarga, sahabat atau sendirian. Tapi pasti lebih seru kalau rame-rame, ya? Hehe.

4. Liburan singkat

Self reward yang masih menjadi favorit kita semua, yaitu liburan. Tidak perlu pergi liburan yang jauh dan mahal. Cukup bisa staycation ditempat yang menyenangkan pun sudah cukup, bukan?

Tapi jika kalian lebih suka self reward liburan, jangan lupa untuk tetap budgeting tersendiri untuk agenda ini ya!

5. Membeli bunga untuk diri sendiri

Hal simpel yang bisa dijadikan ide self reward untuk diri sendiri adalah dengan membeli bungan untuk diri sendiri. Aneh ya? Tentu tidak. Ini adalah hal biasa dan lumrah.

Membeli bunga tidak hanya untuk pasangan atau orang terkasih, kita juga bisa membeli bunga untuk diri sendiri kok! Kamu pilih sendiri jenis-jenis bunganya, warnanya, aroma bunganya kemudian kamu nikmati sendiri keindahan bunga itu! Siapa yang sudah pernah self reward membeli bunga untuk diri sendiri???

6. Perhiasan atau aksesoris

Perempuan memang tidak jauh dari perhiasan dan aksesoris. Untuk ibu yang suka dengan perhiasan dan aksesoris, bisa menjadikannya sebagai self reward, lho!

Membeli kalung, gelang, cincin atau anting baru meski tidak harus berlian dan emas juga bisa menambah kebahagiaan untuk diri sendiri.

Usahakan jika membeli perhiasan, pilihlah yang bisa dijadikan investasi juga ya, Bu!

7. Istirahat berkualitas

Rekomendasi terakhir paling praktis, sederhana namun sangat dibutuhkan oleh ibu adalah istirahat berkualitas. Baik ibu rumah tangga dan ibu pekerja pasti membutuhkan waktu istirahat yang berkualitas.
 
Tidur berkualitas
Bisa tidur selama 7 hingga 8 jam tanpa gangguan pasti sangat menyenangkan. Pikiran segar, energi pulih, mood naik pasti merasa bahagia.

Jika ibu ingin memberikan self reward waktu istirahat yang berkualitas, ibu bisa minta tolong suami atau keluarga untuk meng-handle sementara tugas-tugas ibu, misalnya membersamai anak.

Self reward berupa istirahat berkualitas juga tidak membutuhkan budget. Ibu bisa melakukannya di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya sepersen pun.

Penutup

Semua orang butuh melakukan self reward untum diri sendiri terutama untuk ibu. Karena ibu yang bahagia akan membuat keluarganya merasakan bahagia pula.

Baik ibu rumah tangga maupun ibu pekerja pantas melakukan self reward. Self reward sangat beragam, pilihlah yang bisa membahagiakanmu tanpa membuat kerepotan atau keluhan setelahnya.

Pilihlah self reward yang membuat bahagia juga bermanfaat untuk diri sendiri. Misalnya saja membeli produk kecantikan seperti sunscreen yang cocok untuk ibu rumah tangga. Simak rekomendasinya di artikel selanjutnya!

Semoga bermanfaat







Sumber:
https://millionbloom.com/blogs/news/ide-self-reward
https://www.jawapos.com/lifestyle/01355262/5-contoh-self-reward-dan-pentingnya-bagi-diri-sendiri
https://yoona.id/blog/contoh-self-reward-untuk-kesehatan-mental/pi
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

10 comments

  1. Kalau saya pilih menulis di blog dengan kondisi anak-anak tidur atau lagi keluar, hahaha. Udah self reward banget buat saya tuh.
    Me time paling ditunggu. Termasuk bisa tidur nyenyak, nggak diganggu anak-anak, masya Allah banget tuh rasanya

    ReplyDelete
  2. Di tengah keriwehan sebagai ibu rumah tangga, mesti banget lho menyatangi diri sendiri. Untuk menjaga kewarasan jstilahnya, baiknya memang perlu self rewards itu. Melakukan hal sederhana yg bisa bikin good mood seperti poin-poin yg disampaikan di artikel ini

    ReplyDelete
  3. Sepakat, self reward memang penting. Nggak harus mahal karena hal-hal sederhana yang bisa bikin bahagia pun sudah cukup. Misalnya, makan es krim favorit dengan tenang tanpa gangguan sekecil apa pun. Hehehe...

    ReplyDelete
  4. ME TIME yang sungguh-sungguh me time tuh berharga banget deh. Yang penting apa yang dilakukan selama me time, dalam bentuk apa pun itu, jadi sumber kebahagiaan ibu. Bahkan hal yang simpel sekali seperti dapat tidur nyenyak tanpa gangguan apa pun, bisa menjadi self reward yang berharga.

    ReplyDelete
  5. Self reward buat diri sendiri perlu banget dong, karena kan jadi kebahagiaan tersendiri agar fisik dan mental tetap dalam keadaan sehat.

    ReplyDelete
  6. saya termasuk ibu2 jadul yang sering merasa "berdosa" kalo melakukan self reward seperti blanja blanji dan merawat diri di salon
    Perlu waktu hingga akhirnya menyadari jika saya bahagia maka keluarga saya akan bahagia juga

    ReplyDelete
  7. Saya lebih setuju ke poin menikmati hobi dan liburan singkat. Ibu RT memang punya beban dan tanggung-jawab yang tidak mudah. Semangat semuanya.

    ReplyDelete
  8. Self reward sederhana buatku tuh jajan makanan online.
    Hehhe...ini bahagiaaa banget. Karena berasa menikmati apa yang aku kerjakan trus bisa santai-santai setelahnya.
    MashaAllaa~

    ReplyDelete
  9. Me time yg sesungguh nya itu , mainan hp sambil perawatan hehe

    ReplyDelete
  10. Sepakat self reward perlu meski sekecil apapun,, kalau ibunya bahagia anak dan suami bakal ikut bahagia ya kan 🤭

    ReplyDelete

Post a Comment