Header

12+ Masker Rambut Alami untuk Rambut Rontok

10 comments
Konten [Tampil]
 
Masker rambut alami untuk rambut rontok
Hai, Mom-Genk!
Masih membahas seputar cara merawat rambut, nih. Kalo ini aku mau kasih rekomendasi masker rambut alami untuk rambut rontok yang bisa kita lakukan di rumah.

Selain sebelumnya membahas rekomendasi shampoo non SLS untuk rambut rontok sebagai salah satu cara merawat rambut, kali ini cara lainnya yaitu dengan masker rambut alami.

Tidak perlu pergi ke salon, Mom. Kita bisa juga melakukan masker rabut di rumah. Nah, tujuan perawatan menggunakan masker rambut adalah untuk melembapkan rambut karena meresep hingga ke batang rambut dan kulit kepala.

Penggunaannya juga disesuaikan dengan kondisi rambut kita, Mom. Jika rambut normal dan tidak bermasalah, perawatan bisa dilakukan sekali dalam seminggu.

Namun jika kondisi rambut yang rusak, kering, dan membutuhkan perhatian khusus setidaknya membutuhkan masker 2 kali dalam seminggu. Bahkan, frekuensi pemakaiannya bisa ditambah menjadi 3 kali seminggu lho, bila perlu.

Durasi pemakaiannya pun juga tergantung dengan bahan alami yang digunakan. Namun kebanyakan durasi untuk masker rambut yaitu selama 10 – 15 menit.
Manfaat masker rambut alami

Nah, apa saja bahan di rumah yang bisa digunakan untuk masker rambut alami untuk rambut rontok? Berikut detailnya!

12+ Bahan Alami yang digunakan Masker Rambut Alami untuk Rambut

Melakukan perawatan rambut umumnya dilakuan kaun kita, para perempuan, di salon ya Mom. Namun untuk menghemat waktu juga biaya, kita bisa melakukan perawatan ranbut dengan masker rambut alami untuk rambut rontok di rumah aja lho! Berikut bahan-bahanya:

1. Lidah buaya

Masker rambut alami lidah buaya
Lidah buaya terkenal akan manfaatnya untuk bantu menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Manfaat itu berkat kandungan vitamin A, D, serta zat besi dan protein pada tanaman tersebut.

Caranya, oleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lalu biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini setiap hari secara teratur untuk hasil yang maksimal.

2. Minyak zaitun

Cara merawat rambut rontok juga bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak satu ini mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok.

Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata dan pijat dengan lembut. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Santan

Santan mengandung zinc, vitamin E, vitamin B6, kalium, dan fosfor yang membuat rambut lebih halus dan tidak mudah rontok. Kamu bisa menggunakan santan dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala. Biarkan selama 30 menit dan bilas menggunakan sampo serta air bersih.

4. Yoghurt

Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang terdapat pada yoghurt dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Kamu bisa mengoleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut dan berikan pijatan lembut. Lalu, biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Bawang dan madu

Cara merawat rambut rontok juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan campuran bawang dan madu. Bawang mengandung sulfur yang tinggi yang efektif untuk mengurangi kerontokan rambut.

Cukup campurkan air perasan bawang dengan satu sendok makan madu. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama sekitar 2 jam, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6. Alpukat

Alpukat adalah makanan sehat yang mengandung protein alami. Nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Caranya, hancurkan satu buah alpukat dan usapkan pada rambut serta kulit kepala. Pijat secara perlahan dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

7. Jambu biji

Untuk membuat masker jambu biji, kamu bisa menyiapkan satu buah jambu dan hancurkan dagingnya sampai bertekstur pasta. Tambahkan satu putih telur dan oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 40 menit dan bilas hingga bersih.

8. Teh hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya, seduh 2 kantong teh hijau dalam secangkir air. Biarkan sampai dingin dan oleskan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Biarkan selama 60 menit dan bilas dengan air bersih.

9. Putih telur

Putih telur mengandung protein, kalsium, dan magnesium yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya, oleskan putih telur ke seluruh kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

10. Pisang

Pisang mengandung asam folat yang dapat mengatasi rambut rontok. Caranya, hancurkan satu buah pisang dan campurkan dengan minyak zaitun, madu, serta susu atau santan. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut, lalu biarkan selama 15 sampai 30 menit dan bilas dengan air bersih.

11. Cuka Sari Apel

Masker rambut alami untuk rambut rontok berikutnya adalah cuka sari apel. Sifat asam dalam cuka sari apel mampu menangkal bakteri dan mengelupas sel kulit mati pada kulit kepala. Hasilnya, pertumbuhan rambut semakin meningkat dan menjadi lebih sehat.

Untuk membuat masker ini, campurkan cuka sari apel secukupnya dengan air. Setelah Anda keramas, gunakan cuka sari apel sebagai bilasan terakhir.

Bahan alami akan membersihkan kulit kepala dan mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus pH tetap seimbang.

12. Lemon

Masker rambut alami lemon
Bahan alami untuk rambut rontok berikutnya adalah lemon. Baik perasan lemon segar maupun minyak lemon diketahui dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut.

Selain itu, minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

Anda bisa menggunakan perasan lemon segar atau minyak esensial lemon sebagai masker rambut. Caranya, oleskan ke kulit kepala dan rambut selama 15 menit sebelum keramas.

Penutup

Banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker alami untuk rambut rontok yang mudah di dapatkan, bahkan beberapa ada di dapur kita ya, Mom.

Bahan alami tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kelembaban rambut hingga akarnya. Jadi, untuk melakukan perawatan rambut kini kita tidak perlu pergi ke salon.

Nah, dari bahan-bahan di atas, mana yang sudah pernah kamu coba, Mom? Sharing, ya!

Semoga bermanfaat!













Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-12-cara-mengatasi-rambut-rontok-secara-alami
https://amp.kontan.co.id/news/cobain-5-cara-membuat-masker-rambut-alami-untuk-rambut-rontok
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/masker-rambut/
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

10 comments

  1. Waw.. ternyata banyak yaa yg bisa menyelamatkan dari kerontokan... ga susah lagi nyarinya..
    Alpukat, lidah buaya, lemon gampang banget didapet dan diapply nya..

    ReplyDelete
  2. Saya sudah nyoba beberapa usulan di atas. Yang paling mempan itu pakai alpukat. Selain menguatkan ternyata bisa memberikan efek lembut dan halus setelahnya. Ah jadi inget, dah lama gak creambath.

    ReplyDelete
  3. Saya jadi rindu jaman kecil nih. Dulu rambut saya suka dipakaikan santan oleh nenek supaya rambut tumbuh lebat dan sehat. Selepas besar dan dibawa merantau oleh kedua orangtua, malah nggak pernah pakai bahan alami lagi karena ebih mudah bila pakai produk tertentu yang dijual di pasaran. Duh ... jadi rindu ingin coba buat sendiri.

    ReplyDelete
  4. Ternyata bahan-bahan untuk membuat masker rambut tuh macamnya banyak, masing-masing dengan khasiat sendiri. Mudah diperoleh juga di sekitar kita ya. Jadi walau nggak ke salon pun, asal mau meluangkan waktu, bisa juga perawatan rambut di rumah sendiri ya

    ReplyDelete
  5. Senangnya baca tulisan2 Mbak Sendy, sangat informatif
    Jadi inget dulu rajin banget ngurusin rambut
    Sampai kata temen2ku, sekarang rambutmu digoreng
    kemarin dikukus, hahahaha

    ReplyDelete
  6. Dari 12 pilihan di atas, saya baru pernah mencoba 2, yaitu lidah buaya dan lemon. Dulu saya masih rajin melakukannya. Sekarang malah baru ingat padahal bahan itu sangat mudah dan ada di sekitar saya sehari-hari.

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu kecil saya sering cuci rambut pakai santan, bikin rambut lembut sih, tapi jadinya oily dan lepek, hahaha.
    Apalagi kalau pas kelapanya nggak segar, rambut auto apek dah.
    Selain itu saya juga pernah pakai lidah buaya, biasanya dipake buat rambut dan wajah

    ReplyDelete
  8. Aku jadi inget, tetanggaku dulu sring banget menggunakan masker putih telur ini untuk rambutnya..dan terbukti, rambutnya lebat dan hitam. Seneng gitu liatnya. Bahan alami begini, hasilnya memang ga instan. Tapi manfaatnya luar biasaa.. aku jadi pingin merutinkan niih.. biar rambut sehat dan tebel.

    ReplyDelete
  9. Ternyata bnyak banget yaa , cara nyaa

    ReplyDelete
  10. Bahannya banyak yg ada disekitar kita ya, mudah dijangkau dan tidak ribet.

    ReplyDelete

Post a Comment