Header

10 Rekomendasi Shampoo Non SLS untuk Rambut Rontok

11 comments
Konten [Tampil]
Rekomendasi shampoo non sls
Familiar dengan sebutan shampoo non SLS untuk rambut rontok? Yup, aku juga baru tahu ternyata ada bahan kimia dalam kandungan shampoo yang bisa memperparah masalah rambut kita lho, yaitu SLS.

Apa sih SLS itu? SLS adalah singkatan dari Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yaitu salah satu bahan yang paling sering ditemui dalam produk-produk kecantikan, pasta gigi, sabun mandi, sampo dan lainnya. Zat ini membantu menciptakan busa yang banyak dalam produk.

Padahal aku tipe yang suka kalo sabunan dan sampoan tuh yang banyak busanya. Berasa lebih bersih aja gitu kalo banyak busanya. Eh, ternyata ada efek sampingnya jika digunakan terlalu sering atau melebihi kadar yang dianjurkan.

Dilansir dari Alodokter, Shampoo dengan dengan kandungan SLS diketahui bisa membuat rambut lebih kering karena dapat mengangkat minyak alami rambut. Pun jika kamu memiliki kulit yang sensitif, penggunaan shampoo dengan SLS dapat membuat kulit kepala iritasi.

Nah, jangan-jangan penyebab rambut kita masih saja rontok setelah melahirkan bisa jadi karena salah memilih shampoo nih, Mom. Coba yuk kita cek kandungan atau bahan yang ada di shampoo kita jangan-jangan kandungan SLS nya berlebihan!

Jadi Mom, untuk meminimalisir masalah rambut kita, sebaiknya kita berpindah dari shampoo dengan kandungan SLS ke shampoo non SLS. Berikut adalah rekomendasi shampoo non SLS untuk rambut rontok, Mom!

Rekomendasi Shampoo Non SLS untuk Rambut Rontok Harga Terjangkau

Banyak yang bilang harga shampoo non SLS untuk rambut rontok dipasaran lumayan mahal. Oleh karena itu, aku sudah mengumpulkan beberapa rekomendasi merek dengan harga terjangkau. Berikut rekomendasinya:

1. Ginseng Extract Shampoo

Siapa yang tidak kenal shampoo non SLS untuk rambut rontok satu ini? Kandungan ekstrak ginseng dalam shampo bisa membantu menguatkan akar hingga mengatasi kerontokan. Selain itu, kandungan bioaktifnya dapat memperbaiki tekstur rambut menjadi lebih halus. Untuk 1 botol ukuran 140 ml shampo ini, bisa kamu dapatkan dengan harga Rp28.000.

2. Mylea Intensive Hair

Shampoo non sls mylea intensive hair
Mylea Intensive hair merupakan perawatan rambut rontok yang ditujukan untuk kulit kepala normal. Kandungannya cocok buatmu yang kepalanya sering tertutup, baik menggunakan hijab atau aksesoris. Kandungan utama produk ini ialah ekstrak bunga kamomil dan horsetail yang berfungsi sebagai antiinflamasi, menyehatkan kulit, serta memberikan nutrisi untuk memperkuat batang rambut. Shampo ini juga bebas silikon dan diklaim bisa membersikan rambut secara menyeluruh tanpa meninggalkan penumpukan.

Mylea mempunyai aroma yang cukup kuat antara herbal dan floral. Untuk harga 1 botol Mylea Intensive Hair Shampoo ukuran 200 ml bisa didapatkan dengan harga Rp38.000.

3. Love Beauty & Planet Shampoo Murumuru Butter & Rose

Cari shampoo tanpa Sodium Lauryl Sulfate (SLS) merk lokal dan murah? Nah, sampo dari Love Beauty & Planet ini mungkin jadi solusinya.

Kandungan Amazonian Murumuru Butter dan Bulgarian Rose dapat memberikan kesegaran, melembapkan, memelihara, dan melindungi rambut agar tampak sehat berkilau, termasuk untuk rambut berwarna.

Menariknya lagi, produk ini memiliki kemasan 100% botol daur ulang karena misi dari Love Beauty & Planet yang berperan aktif dalam menjaga kecantikan diri sekaligus kecantikan bumi di waktu yang bersamaan. Harga mulai dari Rp 48.000 an saja, lho! 

4. Organic Care Coco Repair

Organic Care, salah satu produk asal Australia adalah salah satu shampo rambut rontok yang review-nya sudah tersebar di berbagai platform. Kandungan alami seperti minyak kelapa hingga ekstrak bunga kamomil menghasilkan efek yang menenangkan dan nggak bikin rambut jadi kering. Gel shamponya bening, busa sedikit, dan aromanya pun tidak begitu menyengat seperti perawatan rambut pada umumnya. Harga shampo ini juga cukup terjangkau, cukup Rp69.900 saja lo!

5. Kelaya Gentle Hair Essence Shampoo Non SLS

Shampoo non sls kelaya gentle shampoo
Diformulasikan secara khusus tanpa SLS, ditujukn untuk perawatan rambut sensitif, serta mengurangi iritasi pada kulit kepala.l dengan kandungan bahan alami, seperti: Aloe Vera, Ekstrak Kemiri, Ekstrak Coltsfoot,Ekstrak Achillea Millefolium, dan Cinchona Bark Extract.

Dengan harga Rp 85.000, Kelaya mengklaim dapat memberikan nutrisi rambut agar tidak mudah rontok, bebas ketombe dan pertumbuhan rambut baru. Ada yang sudah coba pakai shampoo Kelaya, Mom

6. Moist Diane - Extra Volume and Scalp Shampoo

Merk shampo Moist Diane dari Jepang terkenal karena tidak mengandung silikon, sulfat, paraben, dan pewarna buatan yang dapat merusak rambut maupun kulit kepala.

Shampo ini memiliki berbagai pilihan sesuai dengan kondisi rambut, seperti shampo untuk rambut rontok, gatal-gatal, dan rambut rusak akibat pewarnaan.

Produk-produknya mengandung berbagai essential oil alami dan bahan-bahan tanpa tambahan paraben, sulfat, atau bahan kimia berbahaya, sehingga diklaim aman bagi ibu hamil dan menyusui. Produk dari Moist Diane kini dibanderol mulai dari Rp 115.000.

7. Petal Fresh Pure Strengthening Shampoo Seaweed & Argan Oil

Shampo tanpa kandungan sulfat selanjutnya adalah Brand asal Amerika Serikat, Petal Fresh. Brand Petal Fresh menawarkan produk shampo non SLS, seperti Petal Fresh Pure Strengthening Shampoo Seaweed & Argan Oil.

Shampo ini mengandung minyak argan dan rumput laut yang diklaim dapat memperkuat akar rambut yang rusak serta menutrisi rambut tanpa kandungan kimia berbahaya. Produk ini cocok bagi yang menginginkan perawatan rambut alami dan bebas dari SLS. Produk ini sekarang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp130.000.

8. Sukin Natural Balance

Produk shampoo Sukin Natural Balance adalah jenis shampoo non SLS, silikon, dan paraben. Produk ini mengandung ekstrak burdock, nettle, dan horsetail yang memberikan kekuatan terhadap kulit kepala.

Selain itu, kandungan Baobab oil juga dapat melembabkan dan melindungi rambut. Shampo dari Sukin ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp165.320.

9. Good Virtues Co. Healthy Hair & Scalp Shampoo

Good Virtues Co. Healthy Hair & Scalp Shampoo for All Hair Types adalah shampo yang diformulasikan dengan minyak habbatussauda organik dan ekstrak maca root. Sampo ini diklaim dapat membantu menjadikan rambut lebih halus, sehat, dan berkilau, serta membantu memperbaiki rambut yang rusak.

Shampo Good Virtues Co terbuat dari bahan alami, tidak mengandung minyak mineral, shampo tanpa SLS dan paraben, serta tidak menggunakan pewarna sintetis. Produk ini sekarang dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp178.000.

10. Yves Rocher Repair Shampoo

Shampoo non sls yves rocher
Shampoo non SLS dan tanpa paraben selanjutnya adalah Yves Rocher Repair Shampoo. Produk ini mengandung agave fructans yang berfungsi melipatgandakan aliran darah di kulit kepala, sehingga rambut lebih kuat.

Yves Rocher Repair Shampoo juga mengandung jojoba oil yang bisa memperbaiki batang rambut kering dan rusak. Produk ini sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp179.000.

Penutup

Jadi gimana nih, Mom? Adakah yang sudah menggunakan shampoo non SLS selama ini? Kalau aku jujur saja baru tahu tentang shampoo non SLS untuk rambut rontok ini, jadi baru mau coba juga.

Nah, kira-kira merek shampoo non SLS untuk rambut mana yang paling rekomended to try nih, Mom? Share pengalaman dan reviewnya di kolom komentar ya, Mom! Aku bingung nih mau coba yang mana dulu. Hehe.
Terimakasih.

Semoga bermanfaat!










Sumber:
https://www.alodokter.com/sls-fungsi-dan-risikonya-untuk-kesehatan
https://www.hipwee.com/tips/shampo-untuk-rambut-rontok/
https://tirto.id/rekomendasi-shampo-tanpa-sulfat-dan-paraben-gVq2
https://kelaya.co.id/products/kelaya-gentle-hair-essence-shampoo-non-sls-250ml-shampo-anti-rontok-shampo-penumbuh-rambut-cepat
Sendy Yunika
Stay at Home Mom - Blogger - Writer

Related Posts

11 comments

  1. Kalau aku biasanya pake nature mbak. Wangi jamu gitu tapi ampuh buat rambut rontok. Kadang shampoo suka cocok2an ya

    ReplyDelete
  2. Pengen coba Sukin Natural Balance dong, tapi harganya uwow banget. Saya belum pernah nyobain satupun jenis shampo di atas, padahal shampo non SLS itu, lebih aman di kulit kepala ya, nggak bikin gatal dan ketombean

    ReplyDelete
  3. Rekomennya dari harga puluhan ribu sampai ratusan ribu. Jadi kepingin juga mencoba salah satunya soalnya rambut daku kerap kali rontok

    ReplyDelete
  4. Terima kasih nih rekomendari shampoo non sls-nya. Memang lagi nyari shampoo non sls, tapi saking banyaknya brand di marketplace, jadi bingung.
    Mau mulai no-poo sih (= no shampoo), setelah tahu side effectnya

    ReplyDelete
  5. Anak saya pernah nyoba yang YVES ROCHER REPAIR SHAMPOO itu. Beneran bisa mengurangi kerontokan. Wanginya juga gak berlebihan. Rambut juga lembut dan gampang ditata. Sampe sekarang masih pake itu karena ternyata kutikula rambu anak saya memang rapuh dan jenis yang gampang rontok.

    ReplyDelete
  6. Jelang 50 tahun usia, kerontokan rambutku makin menjadi-jadi saja, maka memakai shampoo non SLS adalah opsiku sebagai solusinya. Aku dah pakai Mylea Intensive Hair, cocok pakainya dan terjangkau harganya

    ReplyDelete
  7. Senangnya baca artikel informatif ini
    Udah lama tau bahwa marketing jor-joran bikin kita ngerasa rambut lebih bersih
    Padahal itu ulah Sodium Lauryl Sulfate (SLS) ya?
    pantesan rambut tetap rontok walau pakai toner dan serum rambut
    Salah sih ya? Harusnya sejak awal pakai shampoo non SLS

    ReplyDelete
  8. Aku juga sama, Kak. Lebih suka sabun atau sampo yang banyak busanya. Tapi malah ada efek sampingnya ya.

    Kayaknya kudu pindah ke sampo yang nggak ada SLSnya nih.

    ReplyDelete
  9. Paling ga asik ya kalau sampoan terus hasilnya bikin rambut kering. Secara cuaca kan panas salah satu cara biar adem ya kalau mandi plus sampo. Jadi harus lebih teliti nih cari sampo yang non SLS dongšŸ¤©

    ReplyDelete
  10. Aku beberapa kali menggunakan mylea shampoo.
    Rasanya kudu rutin gitu yaa..biar tampak hasil yang diinginkan. Memang skarang rambutku mulai berkurang rontoknya karena salah satunya aku pake minyak rambut yang mengandung ekstrak ginseng gitu dee..

    ReplyDelete
  11. Aku malah nggak pernah merhatiin ada tidaknya kandungan SLS di shampo yang kupakai. Terpenting aromanya masuk (karena aku sensitif pada aroma tertentu). Tapi jangan-jangan rambut rontokku gara-gara SLS ini. *otw ngecek

    ReplyDelete

Post a Comment